Try Out Berbasis Android

Siswa Sedang Mengerjakan Soal Try Out Ujian dengan Aplikasi Android Melalui HP

Banjarnegara – Hari ini semua siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah se Kab.Banjarnegara sedang melaksanakan Try Out ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Ada yang berbeda dengan try out yang dilaksanakan oleh MIN 3 Banjarnegara.

Kali ini, tidak seperti biasa menggunakan kertas dan pensil tetapi menggunakan hp android. Kegiatan ini di usung sebagai langkah peningkatan kualitas siswa dalam menghadapi era 4.0, serta bentuk implementasi paper less examination.

Dani Restiaji selaku kepala MIN 3 Banjarnegara menyampaikan ini adalah terobosan baru yg kita lakukan, yaitu untuk mensukseskan kebijakan ujian tahun 2021 semua menggunakan CBT.

“Untuk memastikan kesiapan siswa kami melakukan survey tentang kepemilikan HP berbasis android kepada siswa hasilnya 99 % siswa memiliki dan hanya 1% yang tidak memiliki. Sehingga dari jumlah siswa 68 yang tidak memiliki hanya 1 anak. Sehingga diputuskan Min 3 Banjarnegara siap ujian berbasis android,” terangnya.

“Harapan kedepannnya kami akan melengkapi laboratorium komputer untuk mendukung ujian berbasis komputer,” tambahnya.

Rahma salah satu siswa mengaku saya senang dalam try out kali ini. Saya lebih senang pakai HP, serasa main game. Jadi lebih santai.

Try out hari ini diawali dengan mata pelajaran Bhs Indonesia dan di ikuti oleh 67 siswa (1 siswa sakit) dari jumlah 68.

Persiapan yg dilakukan adalah paket soal yang telah di convert kedalam bentuk Apk. agar nantinya dapat di instal di sistem Android. Kemudian siswa membawa HP dari rumah.

Keuntungan model ini adalah nilai langsung di ketahui oleh guru dan juga menghemat biaya penggandaan soal. Hal ini selaras dengan program adiwiyata di Madrasah yaitu cepat dan hemat.

Sugeng Priyanto selaku guru kelas 6 mengungkapkan bahwa kegiatan ini memang belum berjalan mulus karena masih ada kendala saat persiapan misalnya saat instal aplikasi membutuhkan pendampingan dan memakan waktu. Kemudian koneksi internet yang kurang stabil juga mempengaruhi saat siswa telah selesai mengerjakan dan mengirim jawaban ke server. “Tetapi semua itu bisa diatasi dan alhamdulillah berjalan lancar,” tuturnya.

“Try out berbasis android di MIN 3 Banjarnegara merupakan yang pertama dilakukan madrasah di Kabupaten Banjarnegara, harapannya ini akan menginspirasi madrasah yang lain,” pungkasnya. (SP/Mnh/rf)

https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/try-out-berbasis-android-bagi-siswa-min-3-banjarnegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *